Farmasi : Jurusan meracik dan eskperimen obat-obatan

Jurusan Farmasi, Prospek Kerja Farmasi, UKOM Farmasi

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi identik dengan meracik dan bereksperimen dengan obat-obatan. Selain itu juga, jurusan ini bisa dijadikan pilihan kamu jika ingin berkecimpung di dunia medis selain menjadi dokter maupun perawat. Jurusan ini merupakan kombinasi ilmu kesehatan, ilmu fisika, kimia, biologi, bahkan matematika juga lho karena kita dituntut harus bisa menghitung dosis yang tepat untuk para pasien. Nah, ilmu kesehatan yang memiliki fokus utama mempelajari khusus obat-obatan adalah farmasi. 

Di jurusan ini kamu akan mempelajari pencampuran, peracikan, kombinasi, analisis, interaksi obat bahkan bisa menciptakan atau inovasi obat yang memenuhi standar badan pengawas obat dan makanan. Tidak hanya itu, kamu akan belajar tentang ilmu manajemen dan pemasaran obat sehingga dapat memperoleh pasar yang efektif dan tepat sasaran. Apakah kamu bercita-cita untuk menjadi sebagai farmasis atau apoteker ? Yuk ta'arufan sama jurusan farmasi biar lebih dekat "Cie ta'arufan".

Hal-hal yang dipelajari di Jurusan Farmasi

Di jurusan farmasi kamu tidak hanya belajar ilmu kefarmasian, banyak mata kuliah yang akan kamu pelajari seperti matematika, kimia, biologi, anatomi, dan lain-lain. Akan tetapi secara garis besar kamu akan mempelajari :

  1. Farmasi Klinik
    Banyak hal yang dipelajari di bidang ini antara lain; kamu akan mempelajari farmasetika dasar bagaimana cara untuk menghitung dosis obat,  meracik obat, analisis interaksi obat, efek samping obat yang mana nanti akan kamu aplikasikan di rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek dan toko obat.

  2. Farmasi Industri
    Pada bidang industri kamu akan belajar tentang membuat kebutuhan kita sehari-hari. Jangan salah obat atau sediaan farmasi itu bukan hanya tablet, kapsul, sirup, tapi juga cream, salep, gel, banyak juga yang dimanfaatkan karena fungsi estetikanya. Kayak di kosmetik-kosmetik gitu, lengkap semua ada. Bahkan produk farmasi juga sampe ada di alat-alat mandi yang pasti akan sering banget ketemu dan dipakai sehari-hari. Sangat bermanfaat bukan? Nggak hanya itu, makanan minuman terkait halal - haram, keamanan, dan toksisitasnya juga bisa kita pelajari di Farmasi ini. Seru banget pokoknya!

  3. Obat Tradisional
    Selanjutnya, pada bidang obat tradisional kamu akan mempelajari tanaman-tanaman obat yang tadi nya kita tidak tahu ini tanaman buat apasih, di Farmasi kamu bakalan dikasih tahu manfaatnya. Tidak hanya itu, kamu akan diajari cara mengolah tanaman tersebut untuk memperoleh khasiatnya. Gimana , nambah seru banget kan ?

Dari ketiga nya itu penting banget kamu pelajari, minimal jangan sampai lupa karena setelah lulus kamu akan menghadapi Uji Kompetensi Farmasi untuk memperoleh STR yang sangat penting untuk didapatkan mengingat bekerja di kesehatan harus mempunyai STR, jika tidak akan susah memasuki dunia kerja, mayoritas perusahaan mencari pekerja dengan farmasis yang mempunyai STR. Kamu bisa akses bank soal UKOM Farmasi atau kunjungi website ukomfarmasi.com untuk lebih lengkapnya.

Prospek Kerja

Lulusan farmasi tidak hanya berpeluang bagi apoteker saja lho, bahkan untuk D3 maupun S1 kamu bisa langsung membuka toko obat, kamu juga bisa bekerja maksimal di tiga tempat namun harus mempunyai STRTTK dulu ya. Tidak hanya menjadi seorang pebisnis kamu bisa banget bekerja di Badan Narkotika, BPOM untuk memperkuat tim research dan development mereka lho! Prospek kerja yang tidak kalah menarik adalah dibidang manajemen. Jadi, jangan salah lulusan farmasi hanya berkutat di dunia obat-obatan dan bahan kimia aja ya. Di farmasi manajemen kamu ditantang untuk menciptakan hubungan yang baik dengan rekan sejawat maupun di luar profesi, juga dengan pasien. 
Selain itu, kamu bisa bekerja di Industri Farmasi seperti kosmetika, pabrik alat kesehatan, pabrik suplemen, dan masih banyak lagi. 

Bagimana ? Semakin tertarik masuk jurusan farmasi bukan ? Persiapkan dengan matang ya. Jangan lupa untuk terus mempersiapkan diri agar bisa di terima di jurusan farmasi, baik melewati SNMPTN, SBMPTN, maupun ujian mandiri di PTN atau PTS yang ingin kalian singgahi.